Kompas.com - 24/07/2013, 14:14 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Para pekerja tambang batu bara di Drummond, Kolombia, mogok. Para pekerja pertambangan batu bara terbesar kedua di negeri itu menuntut perbaikan upah dan rencana pengurangan tenaga kerja.

"Kami melakukan aksi mogok tanpa batas waktu," kata Wakil Presiden Serikat Nasional Pertambangan dan Energi Edgar Munoz di Bogota sebagaimana warta AP pada Rabu (24/7/2013).

Menurut catatan Bendahara Serikat Dario Mosquera, perusahaan asal AS itu bakal mengurangi hingga 600 pekerja. "Hal ini bagian dari kebijakan reformasi perusahaan,"katanya.

Kolombia adalah negara keempat terbesar pengekspor batu bara dunia. Sebelumnya, ada aksi serupa selama tiga minggu. Gara-gara mogok kerja itu, produksi batu bara Kolombia susut 21,4 persen pada kuartal I-2013.

Drummond memproduksi 26 juta ton batu bara. Angka ini merupakan sepertiga dari total produksi batu bara Kolombia sampai dengan akhir 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.