Kompas.com - 19/07/2013, 06:15 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KAIRO, KOMPAS.com — Uni Afrika, pada Kamis (18/7/2013), memperingatkan kemungkinan terjadinya perang sipil di Mesir kecuali bila pemerintahan sementara yang terbentuk melibatkan kubu pendukung presiden terguling Mesir, Muhammad Mursi.

Salah satu partai politik Mesir yang sebelumnya menyatakan mendukung peta jalan buatan militer Mesir, Partai Nour, mendesak pula pemerintah yang baru terbentuk untuk mengupayakan kemajuan terkait Ikhwanul Muslimin. Partai ini merupakan kekuatan kedua terbesar kubu Islam di Mesir.

Partai Nour sebelumnya mendukung peta jalan militer tersebut untuk mengawal Mesir menuju pemilu. "Saya percaya mereka yang berkuasa harus menyadari bahwa meningkatkan tekanan pada Ikhwanul Muslimin dan mempermainkan emosi para pendukung gerakan itu akan membawa hasil yang sangat buruk," kata juru bicara Partai Nour Nader Bakkar pada Reuters TV.

Setidaknya 99 orang tewas dalam kekerasan sejak kejatuhan Mursi pada 3 Juli 2013. Lebih dari setengah jumlah itu tewas ketika tentara Mesir menembaki pendukung Mursi yang sedang shalat subuh pada 8 Juli 2013.

Terkait rencana demonstrasi besar-besaran pada Jumat (19/7/2013), sumber keamanan yang dikutip Timur Tengah News Agency mengatakan, kepolisian akan mengintensifkan pengamanan di semua obyek dan fasilitas penting.

Demonstrasi besar-besaran juga direncanakan oleh kubu anti-Mursi, pada hari yang sama dengan rencana demonstrasi kubu Mursi, Jumat ini. Kubu anti-Mursi menyebut demonstrasi mereka sebagai "rakyat melawan terorisme".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.