Kompas.com - 04/07/2013, 15:43 WIB
EditorErvan Hardoko

KAIRO, KOMPAS.com — Hakim Mahkamah Agung Mesir, Adli Mansour, akan segera diambil sumpahnya untuk menjadi pejabat interim menggantikan fungsi kepemimpinan Presiden Muhammad Mursi.

Saat ini, Mansour menjabat sebagai kepala pengadilan di Mahkamah Agung dan dijadwalkan akan diambil sumpahnya sekitar pukul 10.00 waktu setempat (08.00 GMT).

Kepala angkatan bersenjata Jenderal Abdul Fattah al-Sisi sebelumnya mengatakan bahwa Muhammad Mursi—presiden pertama yang dipilih melalui pemilihan umum—telah "gagal memenuhi tuntutan rakyatnya".

Jenderal Al-Sisi juga mengumumkan untuk membatalkan konstitusi dan melangsungkan pemilihan umum baru.

Ia juga memaparkan rencana aksi selanjutnya dan mengatakan bahwa Mansour akan ditugasi untuk "memerintah urusan dalam negeri selama periode transisi untuk memilih presiden baru."

Ditahan

Sementara itu, juru bicara Ikhwanul Muslimin yang merupakan partai pendukung Mursi, Gehad el-Haddad, mengatakan kepada BBC bahwa presiden yang baru saja digulingkan itu sekarang menjadi tahanan rumah. Sementara itu, "seluruh tim kepresidenan" juga ditahan.

Ayah Haddad yang juga adalah ajudan Mursi, Essam el-Haddad, dan pemimpin politik Ikhwanul Muslimin Saad al-Katatni termasuk di antara para orang dekat Mursi yang ditahan itu.

Sedangkan koran pemerintah al-Ahram melaporkan, perintah penangkapan telah dikeluarkan untuk 300 pemimpin dan anggota Ikhwanul Muslimin.

Penggulingan kekuasaan presiden Mesir ini terjadi setelah terjadi protes selama empat hari dan ultimatum yang dikeluarkan oleh militer untuk mengakhiri ini pada Rabu (3/7/2013) sore waktu setempat.

Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.