Kompas.com - 03/07/2013, 16:01 WIB
EditorEgidius Patnistik
TUNISIA, KOMPAS.COM — Seorang rapper Tunisia yang bulan lalu dipenjara atas tuduhan menghina polisi lewat lagunya akhirnya dibebaskan. Ala Yaacoub, atau lebih dikenal dengan nama Weld El 15, dijatuhi hukuman dua tahun penjara terkait lagunya yang berjudul Police Are Dogs. Dalam lagu itu ia bilang bahwa polisi harus "dibantai".

Pengadilan tingkat banding Tunisia, Selasa (2/7/2013), mengurangi hukuman untuknya menjadi hukuman percobaan selama enam bulan sehingga Weld El 15 kemudian bisa bebas. Salah seorang pendukung Weld El 15 (25 tahun) menyatakan bahwa keputusan tersebut merupakan kemenangan untuk kebebasan berbicara.

Meskipun Weld El 15 bukan artis yang cukup terkenal di Tunisia, kasusnya turut dibahas oleh aktivis hak asasi manusia, para pengguna blog, dan jurnalis.

"Saya senang bisa keluar dari penjara dan saya akan terus berkarya melalui seni dan musik. Saya ucapkan terima kasih atas semua dukungan teman-teman dan atas tekanan yang diberikan kepada Pemerintah Tunisia," ujar Weld El 15 kepada AFP setelah dibebaskan dari penjara Mornaguia di luar Tunisia.

Sutradara untuk video musik Weld El 15, Mohamed Hedi Belgueyed, dan artis Sabrine Klibi yang tampil dalam video klip lagu tersebut masing-masing diberi hukuman percobaan enam bulan pada persidangan mereka Maret lalu.

Tunisia memilih pemerintahan yang dipimpin seorang Islam moderat setelah menggulingkan penguasa yang telah lama menjabat, Zine al-Abidine Ben Ali, tahun 2011.  (Dyah Arum Narwastu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.