Kompas.com - 29/06/2013, 20:27 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Tenggat bagi Afganistan meneken pakta keamanan tiga bulan ke depan. "Presiden AS Barack Obama menekankan hal itu terealisasi sampai dengan Oktober mendatang,"kata Presiden Afganistan Hamid Karzai di Kabul pada Sabtu (29/6/2013).
VYACHESLAV OSELEDKO / AFP Pasukan AS di Pangkalan Udara Manas, Kirgistan sebelum diberangkatkan menuju Afganistan.

Mengutip pernyataan Karzai itu, warta AP menunjukkan kalau masih ada ganjalan dalam pembicaraan soal pakta keamanan itu. Hal tersebut adalah soal pembukaan perwakilan Taliban di Doha, Qatar pada 19 Juni silam. "Catatan kami adalah perdamaian itu mesti langgeng dan kondisi negara stabil,"katanya.

Pakta keamanan tersebut dikenal juga sebagai Perjanjian Keamanan Bilateral (BSA). Di dalam pakta itu ada aturan soal penarikan pasukan AS hingga akhir 2014. Menurut rencana, ada 100.000 pasukan AS yang bakal ditarik dari Afganistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.