Kompas.com - 28/06/2013, 16:57 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Seorang pejabat senior Vatikan ditahan terkait penyelidikan skandal yang melanda Bank Vatikan. Demikian media massa Italia mengabarkan, Jumat (28/6/2013).

Situs resmi harian Corriere della Sera mengabarkan, orang yang ditahan itu adalah Monsignor   Nunzio Scarano, seorang akuntan senior di administrasi keuangan Vatikan. Dia bertugas di Salerno di wilayah selatan Italia.

Menurut harian La Republica, Scarano juga diselidiki jaksa wilayah Salerno dengan dugaan pencucian uang.

Pada Kamis (27/6/2013), Scarano sudah dinonaktifkan dari jabatannya sebagai anggota bagian administrasi yang mengelola aset-aset milik Vatikan.

Media juga melaporkan, seorang anggota dinas rahasia Italia dan seorang ahli keuangan juga ditahan terkait kasus yang sama.

Sementara itu, kantor berita Italia ANSA melaporkan, ketiga orang itu diduga terlibat dengan pemindahan uang sebesar 26 juta dollar AS secara ilegal dari Swiss ke Italia.

Sebelumnya, Paus Fransiskus sudah membentuk komisi penyelidik untuk mengevaluasi kinerja bank Vatikan yang kerap dituding terlibat pencucian uang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.