Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Bentuk Komisi Evaluasi Bank Vatikan

Kompas.com - 26/06/2013, 18:51 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com
— Paus Fransiskus, Rabu (26/6/2013), telah membentuk sebuah komisi khusus untuk mengevaluasi kegiatan dari Bank Vatikan yang kerap dilanda skandal.

Komisi ini akan memastikan Bank Vatikan beroperasi dalam "harmoni" sesuai dengan misi Gereja Katolik. Demikian pernyataan resmi Vatikan.

Penunjukan komisi beranggotakan lima orang yang terdiri atas empat orang uskup dan seorang profesor perempuan dari Harvard ini merupakan sebuah langkah baru yang dilakukan Paus untuk mengendalikan bank yang sudah lama mencoreng wajah Vatikan itu.

Institut Karya Gereja (IOR) adalah nama Bank Vatikan yang dikenal luas, yang telah lama dituding gagal memenuhi standar transparansi internasional yang ditujukan untuk memerangi pencucian uang dan pengemplangan pajak.

Dalam pernyataan resminya, Vatikan mengatakan, komisi ini akan memberi Paus Fransiskus pengetahuan lebih baik terkait posisi hukum dan aktivitas bank yang kemudian bisa digunakan sebagai cara meningkatkan harmonisasi dengan misi universal gereja.

Vatikan menambahkan, komisi tersebut akan memiliki kekuasaan penuh untuk mendapatkan berbagai dokumen dan data yang diperlukan meski kekuatan undang-undang yang ada saat ini tidak terpengaruh.

Pengadilan Italia saat ini tengah menyelidiki dugaan keterlibatan Bank Vatikan dalam tindak pidana pencucian uang. Bank Vatikan berulang kali membantah tuduhan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com