Salin Artikel

Raja Salman Setujui Penempatan Pasukan AS di Arab Saudi

Raja Salman menilai penempatan pasukan AS di Arab Saudi tersebut akan meningkatkan keamanan dan stabilitas di kawasan Timur Tengah. Demikian diberitakan kantor berita SPA, Jumat (19/7/2019).

Departemen Pertahanan AS telah mengonfirmasi langkah penempatan itu dalam sebuah pernyataan, yang menyebut bakal mengerahkan pasukan dan sumber daya ke Arab Saudi.

Pentagon mengatakan penempatan tersebut untuk memberikan pencegahan tambahan dalam menghadapi ancaman yang mungkin muncul dan dapat dipercaya.

Kabar penempatan pasukan AS di Saudi ini muncul di tengah peningkatan ketegangan antara Washington dengan Teheran di kawasan Teluk, yang berpotensi memberi dampak besar terhadap pasar minyak global.

"Keputusan untuk menjadi tuan rumah pasukan AS bertujuan agar dapat meningkatkan kerja sama kedua negara dalam pertahanan keamanan dan stabilitas regional serta menjaga perdamaiannya," tulis SPA, mengutip pernyataan seorang pejabat Kementerian Pertahanan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Belum ada pernyataan langsung dari Raja Salman, namun seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pengerahan akan mencakup sekitar 500 personel militer  ke Arab Saudi, dan merupakan bagian dari peningkatan jumlah pasukan AS di Timur Tengah yang telah diumumkan Pentagon bulan lalu.

Pada Juni lalu, Pentagon mengatakan bakal mengerahkan 1.000 tentara tambahan ke Timur Tengah, tetapi tidak mengatakan ke mana mereka akan ditempatkan.

Hubungan antara Washington dengan Teheran memburuk sejak tahun lalu ketika Presiden Donald Trump memutuskan keluar dari kesepakatan nuklir 2015 dan kembali memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Iran.

Sejak saat itu hubungan kedua negara terus merenggang dengan beberapa kali terjadi peningkatan ketegangan.

Terakhir, pada Kamis (18/7/2019), dengan Trump mengklaim kapal perangnya telah menembak jatuh pesawat nirawak milik Iran di perairan Selat Hormuz. Klaim itu dibantah Teheran.

Kabar persetujuan Raja Salman atas penempatan pasukan AS di Arab Saudi juga muncul, setelah Iran pada Jumat (19/7/2019), mengaku telah menahan sebuah kapal tanker minyak milik Inggris di kawasan yang sama.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/20/08405741/raja-salman-setujui-penempatan-pasukan-as-di-arab-saudi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke