Salin Artikel

Sembunyikan 44 Emas Batangan di Dalam Mobil, Pria Hong Kong Ditahan

Melansir dari SCMP, insiden percobaan penyelundupan emas dilaporkan terjadi ketika pria yang mengemudikan mobil diberhentikan saat melewati perbatasan Teluk Shenzhen pada 3 Juli lalu.

Saat mobil tersebut diperiksa, petugas menemukan emas batangan seberat total 44 kilogram yang disembunyikan dalam bagasi rahasia di sandaran tangan di dalam mobil.

Petugas bea cukai China daratan mengatakan, pengemudi mobil telah mengaku mengetahui adanya emas batangan di dalam mobilnya dan kini telah ditahan.

Kasus penyelundupan emas di China bukan baru kali ini terjadi. Para pelaku penyelundupan bahkan semakin aktif berupaya membawa masuk logam mulia melintasi perbatasan Hong Kong menuju China daratan dalam beberapa bulan terakhir.

Di China, pelaku penyelundupan emas diancam dengan hukuman penjara mulai dari lima tahun hingga seumur hidup, tergantung dari beratnya kasus.

Pada bulan Desember tahun lalu, petugas bea cukai di perbatasan telah menahan seorang tersangka penyelundup. Tepatnya pada 10 Desember 2017, petugas perbatasan Hong Kong menghentikan seorang sopir di pos pemeriksaan Lok Ma Chau dan menemukan 11 batang emas.

Empat hari sebelumnya, petugas di China dilaporkan juga menghentikan seorang sopir berusia 31 tahun di perbatasan Teluk Shenzhen yang kedapatan membawa sebanyak 35 kilogram emas batangan.

Perbatasan Teluk Shenzhen memang menjadi titik masuk populer bagi para penyelundup, tak terkecuali yang membawa emas batangan.

Pada 2016, petugas perbatasan Hong Kong telah menghentikan dan menangkap seorang pria berusia 34 tahun yang membawa emas senilai 11 juta dolar Hong Kong (sekitar Rp 20 juta).

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/10/00121241/sembunyikan-44-emas-batangan-di-dalam-mobil-pria-hong-kong-ditahan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.