Salin Artikel

Trump Puji Kim Jong Un sebagai Pemimpin yang Pintar

Dilansir Reuters Selasa (12/6/2018), Trump mengatakan hal itu setelah mereka berdua menandatangani dokumen yang diklaim Trump sangat "komprehensif".

Presiden 71 tahun tersebut mengatakan, Kim merupakan pemimpin yang pintar, serta negosiator gigih dan pantas dihormati.

"Saya melihat Kim Jong Un adalah seorang pria yang begitu bertalenta, dan dia sangat mencintai rakyatnya," ujar Trump dalam konferensi pers.

Dia melanjutkan, hubungannya dengan Kim mulai terjalin dan diyakini bakal sangat kuat. Relasi antara AS dan Korut juga diyakini bakal berubah.

"Semua orang akan sangat bahagia dan terpukau setelah pertemuan ini. Kami bakal menangani berbagai ancaman yang ada di dunia," lanjut Trump.

Awak media bertanya kepada Trump apakah dia bakal mengundang Kim ke Gedung Putih. "Tentu saja," tegas presiden dari Partai Republik itu.

Trump menambahkan, dia berterima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja sangat keras memastikan pertemuan berjalan sangat lancar.

"Saya ingin berterima kasih kepada kedua belah pihak, termasuk Menteri Luar Negeri (Mike) Pompeo. Ini sangat luar biasa," ucap Trump.

Adapun Kim hanya diam di sebelah Trump. Namun, dia sebelumnya sempat mengatakan pertemuan di antara keduanya merupakan awal bagus menuju perdamaian.

Pemimpin yang berkuasa sejak 2011 itu berjanji bakal meninggalkan masa lalu Korut yang kelam. "Dunia bakal melihat perubahan besar," katanya sebelum penandatanganan.

Sebelumnya, Trump dan Kim Jong Un bertemu empat mata. Dalam tatap muka selama 38 menit, Trump dan Kim didampingi penerjemah.

Setelah keluar dari ruangan menuju ruangan lainnya, keduanya menyapa awak media dari balkon Hotel Capella di Singapura.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/12/14081621/trump-puji-kim-jong-un-sebagai-pemimpin-yang-pintar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.