Salin Artikel

Lewat Operasi Caesar, Anjing di Australia Lahirkan 18 Anak

Staf di Klinik Hewan West Coast, Forrestdale, Australia, membantu kelahiran anak dari anjing jenis Doberman bernama Sassy yang berusia empat tahun.

Dokter hewan Aaron Raney memimpin sebuah tim yang terdiri atas 10 orang untuk melakukan operasi terhadap Sassy secara caesar  yang berlangsung 90 menit.

"Pemiliknya datang ke klinik dan mengatakan kepada kami, anjingnya akan melahirkan 16 anak dan apakah kami siap membantunya," kata Raney.

"Saya berpikir mungkin ada 10 atau 12 anak, tetapi mereka terus ada. Saya berhenti menghitung pada angka ke-12 karena berkonsentrasi untuk mengeluarkan semuanya sampai suara tangisan anak anjing tidak berhenti," ucapnya.

Menurut dia, prosedur operasi caesar pada anjing betina dengan kelahiran 18 ekor anak belum pernah terjadi sebelumnya selama delapan tahun kariernya sebagai dokter hewan.

Raney biasanya membuat satu sayatan dalam setiap operasi caesar pada anjing. Namun, kali ini, dia harus membuat empat sayatan untuk mengeluarkan semua anak anjing tersebut.

"Dia (Sassy) melakukannya dengan sangat baik. Beberapa anjing memang merasa tertekan dan tidak bernapas. Namun, begitu kami memberikan oksigen, mereka semakin membaik," ujarnya.

Tahun lalu, anjing Dalmatian di Victoria, Australia, juga melahirkan anak 18 ekor.

Setelah berjuang 13 jam, anjing bernama Miley ini dinobatkan sebagai pemegang rekor melahirkan terbanyak.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/23/11523351/lewat-operasi-caesar-anjing-di-australia-lahirkan-18-anak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.