Salin Artikel

FBI Klaim Mata-mata China Telah Menyusup ke Universitas di AS

Direktur FBI Chris Wray melontarkan pernyataan tersebut saat rapat dengar pendapat tahunan komite intelijen dengan Senat mengenai ancaman terbesar bagi AS, di Capitol Hill, Washington DC, AS.

Menurutnya, China berusaha untuk mendapatkan akses teknologi AS dan kekayaan intelektual melalui perusahaan telekomunikasi, akademisi, dan usaha bisnis bersama.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (14/2/2018), selama satu dekade terakhir, kaum muda China yang mencari perguruan tinggi di Barat mengalami peningkatan yang signifikan.

Saat ini, ada 329.000 pelajar dari China yang menimba ilmu di AS. Jumlah itu meningkat lima kali lebih banyak dibandingkan 2007.

"Warga China semakin banyak beralih ke jalur yang lebih kreatif dengan mengumpulkan (informasi) dengan cara yang tidak tradisional," katanya.

Dia meyakini mata-mata China telah menjaring informasi dari lingkungan akademis, seperti profesor, ilmuwan, dan pelajar.

"Mereka memanfaatkan lingkungan penelitian dan pengembangan yang kita miliki," ucap Wray.

Pelajar internasional memang disambut dengan tangan terbuka oleh kebanyakan perguruan tinggi yang mengalami masalah keuangan. Mereka biasanya membayar uang kuliah penuh, sekaligus memberikan keragaman dalam kegiatan belajar.

Wray juga menegaskan pemerintah AS membutuhkan prespektif strategi terkait akusisi dan bisnis lainnya yang melibatkan warga China.

Komentar Wray menuai kecaman dari organisasi yanng berfokus pada isu-isu Amerika-Asia dan Kepulauan Pasifik, OCA-Asian Pacific AMerican Advocates.

"Sangat berbahaya dan tidak bertanggung jawab karena telah menuduh banyak orang yang mencari perguruan tinggi, atau berkontribusi pada bidang studi mereka, dengan tuduhan sebagai mata-mata," kata organisasi tersebut dalam sebuah pernyataan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/15/11535561/fbi-klaim-mata-mata-china-telah-menyusup-ke-universitas-di-as

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.