Salin Artikel

Detik-detik Pengangkatan Pesawat Turki yang Nyaris Jatuh ke Laut

Pada Kamis (18/1/2018), pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Pegasus Airlines mendarat secara normal pada Sabtu (13/1/2018) malam  setelah terbang dari Ankara.

Namun, pesawat yang membawa 162 penumpang itu tergelincir hingga melewati batas landasan dan berhenti di tepian Laut Hitam, beberapa meter dari garis laut.

Sejak insiden tersebut, burung besi itu tetap berada di lereng curam di dekat bandara selama empat hari, dengan hidungnya yang menahan gravitasi di area berlumpur.

Selama operasi pengangkatan berlangsung, otoritas Turki menutup semua lalu lintas penerbangan di bandara Trabzon. Penerbangan dialihkan ke bandara terdekat, Ordu-Giresun.

Otoritas Turki mengirim dua crane dari Ankara dan Samsun untuk mengangkat badan pesawat dan berlangsung total selama 11 jam.

Para ahli mengikat kabel di sekeliling sayap pesawat seperti membentuk sebuah ayunan.

Kemudian, mereka mengangkatnya dengan crane dalam dua operasi jam yang sangat rumit, sebelum membuat posisinya menjadi horisontal sehingga dapat dipindahkan tanpa kerusakan lanjutan.

Selanjutnya, bahan bakar di dalam pesawat harus dikosongkan dan dibawa ke hangar, di mana barang-barang milik penumpang akan dikeluarkan.

Seluruh penumpang dan kru pesawat selamat dalam peristiwa itu. Salah satu penumpang menyebutnya sebagai keajaiban karena tak ada korban jiwa dan pesawat tidak masuk ke laut.

Pilot pesawat mengaku mengalami lonjakan mendadak dari salah satu mesin saat menyentuh landasan pacu.

Hingga kini, belum ada rincian resmi penyebab teknis tergelincirnya Pegasus Airlines, meskipun di foto yang beredar terlihat salah satu mesin lepas dan jatuh ke laut.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/19/11180391/detik-detik-pengangkatan-pesawat-turki-yang-nyaris-jatuh-ke-laut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke