Salin Artikel

Dua Tahun, 220.000 Perempuan di Perancis Dilecehkan di Bus dan Kereta

PARIS, KOMPAS.com - Lebih dari 220.000 perempuan melaporkan mengalami tindak pelecehan seksual di transportasi publik di Perancis dalam dua tahun.

Demikian dilaporkan Badan Statistik Kejahatan Nasional dan dikutip The Independent, Jumat (29/12/2017).

Kasus skandal sutradara Harvey Weinstein di AS turut menggerakkan perubahan cara berpikir tentang perilaku kekerasan seksual di Perancis.

"Meskipun kebanyakan orang masih fokus pada kekerasan dalam rumah tangga, namun kekerasan seksual yang terjadi di jalanan, sarana transportasi publik dan ruang publik lain tidak kalah serius dan menarik perhatian," kata laporan itu.

Pengawas Nasional Kejahatan dan Kriminal Perancis (ONDRP) menemukan, 267.000 orang, dengan 85 persen perempuan, mengalami pelecehan seksual di transportasi umum di negara itu selama rentang waktu 2014 dan 2015.

Perilaku pelecehan seksual yang dimaksudkan termasuk ciuman, meraba-raba, kedipan hingga perkosaan.

Hal itu juga menjadi kali pertama ONDRP menerbitkan laporan survei tahunan terkait ketidakamanan yang fokus pada pelecehan seksual di transportasi umum.

Paris terpilih sebagai kota ketiga paling ramah kepada wanita menurut survei Thomson Reuters Foundation yang dirilis Oktober lalu. Juga menempati peringkat empat paling rendah risiko pelecehan seksual.

Namun hal tersebut tak menghentikan terjadinya tindak pelecehan.

Sebuah studi juga menunjulkkan pelecehan seksual di transportasi umum di Paris lebih tinggi tujuh kali dibandingkan negara lain.

Sebagian besar kasus terjadi saat kereta atau bus bergerak, sehingga korban tidak dapat melarikan diri.

Pemerintah, dalam hal ini Presiden Perancis, Emmanuel Macron, telah menyampaikan pada November, langkah-langkah mendidik masyarakat dan pelajar tentang seksisme dan kekerasan terhadap perempuan, serta memperbaiki dukungan polisi untuk korban.

Presiden Macron juga mengusulkan untuk mengkriminalkan pelecehan di jalan.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/29/21005611/dua-tahun-220000-perempuan-di-perancis-dilecehkan-di-bus-dan-kereta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.