Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernie Sanders Berikan Dukungan Kuat kepada Hillary Clinton

Kompas.com - 13/07/2016, 07:37 WIB

PORTSMOUTH, KOMPAS.com - Sentor Bernie Sanders secara resmi mendukung mantan pesaingnya, Hillary Clinton, sebagai calon Presiden Amerika Serikat dari kubu Demokrat.

Dalam kampanye di Portsmouth, New Hampshire, Selasa (12/7/2016), Sanders mengatakan akan melakukan apa saja untuk memastikan kemenangan Hillary pada Pilres AS, November mendatang.

"Tugas kita sekarang adalah memastikan platform yang kita usung diterapkan Senat yang dikuasai Demokrat, DPR yang dikuasai Demokrat, dan presiden yang dijabat politisi Demokrat," kata Sanders.

"Dan saya akan melakukan apa saja untuk mewujudkan ini semua," kata Senator dari Vermont itu.

Sanders juga mengatakan, sangat penting untuk mencegah calon dari Republik, Donald Trump, meraih kemenangan dalam Pilpres AS.

Dukungan Sanders diserahkan ke Hillary hanya dua pekan sebelum Demokrat menggelar konvensi nasional.

Sebelum didukung Sanders, Hillary sudah mendapatkan dukungan dari Presiden Barack Obama, Wakil Presiden Joe Biden, dan tokoh-tokoh Partai Demokrat lain.

Untuk pertama kalinya pula dua senator itu tampil bersama di satu panggung kampanye. Sebelumnya, Sanders sering mengkritik Hillary ketika masih aktif berupaya menjadi calon presiden dari kubu Demokrat.

Trump, yang berupaya mendapatkan suara dari para pendukung Sanders, mengatakan bahwa Sanders bergabung ke 'sistem yang cacat'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com