Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua "Pengantin" Boko Haram Gagal Ledakkan Sebuah Masjid

Kompas.com - 27/06/2016, 16:30 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Dua calon pelaku bom bunuh diri yang hendak beraksi di sebuah masjid di Maiduguri, Nigeria, Minggu (26/6/2016), tewas sebelum melakukan aksinya.

"Terjadi dua ledakan di luar masjid di Damba Road, beruntung tak ada korban lain selain kedua pelaku," kata anggota milisi Babagana Kolo, Senin (27/6/2016).

Kolo dan warga setempat mengatakan, kedua "pengantin" itu menyamar sebagai umat biasa yang hendak menjalankan ibadah di masjid tersebut.

Namun, sebelum masuk ke dalam masjid keduanya dihantikan oleh penjaga keamanan yang mencurigai gerak gerik kedua orang tersebut.

"Saat mereka berdebat, salah seorang pelaku mungkin sudah tak sabar dan meledakkan diri. Tak lama kemudian pelaku kedua juga meledakkan diri," ujar Kolo.

Kolo menambahkan, para penjaga keamanan yang menghentikan kedua orang itu hanya mengalami luka. Alhasil ibadah shalat di masjid itu dibatalkan dan dipindahkan ke masjid lainnya.

Insiden itu membuktikan masih adanya ancaman dari kelompok Boko Haram, meski militer Nigeria mengklaim kelompok itu sudah melemah dan secara teknis sudah dikalahkan.

Boko Haram berulang kali menggunakan pengebom bunuh diri terhadap sasaran "empuk" dalam hal ini warga sipil, rumah ibadah dan fasilitas publik lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com