Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Sepi Meski Sendirian di Negeri Orang Saat Ramadhan

Kompas.com - 07/06/2016, 12:11 WIB
Caroline Damanik

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com – Senyum Fatimah Husin mengembang. Bola matanya berbinar-binar saat bercerita perjalanannya menjalani Ramadhan jauh dari Tanah Air dan keluarga selama kurang lebih 12 tahun.

Keputusan orangtua mengirimnya ke Kuala Lumpur, Malaysia, saat berusia 17 tahun untuk berkuliah mengawali petualangannya menjalani Ramadhan seorang diri di negara lain. Hingga dia hijrah ke Melbourne, Australia, pada tahun keempat, Fatimah menjalaninya tanpa keluarga di dekatnya.

Namun, meski datang sebagai orang Indonesia yang memiliki budaya kegembiraan komunal, perempuan asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini tidak berkecil hati. Fatimah mengaku, tak pernah menemukan dirinya kesepian. Kuncinya adalah menemukan “keluarga” baru yang menjadi pendukung kehidupan.

“Selama 12 tahun itu, setiap Ramadhan saya bersama teman-teman. Sampai orang-orang bertanya-tanya ‘kok loe bisa sih?’. Cuma dengan begitu, saya belajar bahwa teman-teman adalah keluarga. Ketika kami di rantau, jauh dari keluarga, yang penting punya teman-teman yang saling mendukung. Jadinya enggak ngerasa kesepian,” ungkap Fatimah saat ditemui Kompas.com sebelum salat tarawih pertama pada tahun ini di Masjid Jeffcott, Melbourne, Minggu (5/6/2016).

Meski demikian, Fatimah tidak sembarangan memilih teman-teman. Prinsip ini dipegangnya seiring dengan keputusannya untuk lebih disiplin mengikuti salat tarawih saat Ramadhan pertama setelah lulus kuliah.

Setelah bertanya ke beberapa orang, dia lalu memutuskan mendatangi sebuah masjid di Jeffcott Street, Melbourne, yang bisa ditempuh hanya beberapa menit dari tempat tinggalnya saat itu dengan berjalan kaki.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Fatimah Husin, salah satu warga Indonesia yang melakukan salat tarawih di Masjid Jeffcott di Melbourne, Victoria, Australia, Minggu (5/6/2016).
"Makin dewasa juga semakin mencari Islam dan cari teman-teman yang bisa saling ajak ke pengajian atau bikin aktivitas ini-itu yang lebih ke arah positif. Jadi alhamdulilah, walaupun 12 tahun jauh dari keluarga tetapi hatinya tetap terasa penuh dan hangat karena selalu dikelilingi teman-teman yang selalu mendukung," tuturnya.

Sisters and brothers

Fatimah selalu berusaha hadir dalam sejumlah acara yang digelar oleh komunitas warga Indonesia saat Ramadhan. Bahkan saat Lebaran tiba, dia dan sejumlah teman akan berkunjung bergiliran ke rumah warga Indonesia yang sudah lama tinggal di Melbourne. Baginya, mereka sudah keluarga sendiri.

Namun, dia juga menemukan kehangatan yang sama ketika bertemu teman-teman dari negara lain di Masjid Jeffcott. Dari tidak kenal sama sekali menjadi akrab setelah menunaikan ibadah bersama selama bulan Ramadhan pada tahun sebelumnya.

"Jadi setiap hari ke sini kenalan sama jemaah di sini terus pelan-pelan punya teman, dari Malaysia, dari Brunei. Karena sama-sama orang Asia Tenggara jadi gampang kenalannya. Lama-kelamaan janjian terus sama mereka. Jadi menjalin pertemanan," kata perempuan berusia 29 tahun ini.

Ingatan Fatimah lalu melayang ke aktivitas Ramadhan-nya di Melbourne pada tahun-tahun sebelumnya. Bersama dengan teman-teman dari berbagai bangsa di masjid ini, dia mengikuti mulai dari acara buka puasa bersama (iftar), salat malam hari atau tahajud dan berdiam diri di masjid sambil beribadah atau iktikaf.

KOMPAS.com Bangunan tiga lantai yang difungsikan sebagai masjid di Jeffcott Street, Melbourne, Victoria, Australia. Masjid ini tanpa kubah dan dahulunya adalah bekas gedung "warehouse".
"Setelah tarawih biasanya kita tidur di sini. Lalu bangun jam 3 pagi, terus salat tahajud, salat subuh, lalu ke kantor dan itu pas pertama kali merasakannya, (bersyukur) ya Allah experience-nya seru banget ya. Kayak enggak pernah ngerasain ini sebelumnya. Benar-benar (merasakan) kebersamaannya, saling berlomba mendekatkan diri kepada Allah dan ngoleksi poin atau pahala," tuturnya.
 
Dari interaksi dengan teman dari berbagai negara itu, dia merasa pemahamannya sebagai Muslim semakin baik.

Contohnya, dari perempuan-perempuan muslim yang lebih tua di masjid ini, Fatimah mengaku banyak belajar mengenai keluarga dan kewajiban sebagai perempuan Muslim.

"Bahkan hal-hal kecil saat pertama kali saya mulai ke sini. Contohnya, saya pernah pakai celana panjang lalu ibu-ibu di sini bilang, 'Kalau bisa jangan pakai celana panjang ya, kalau bisa pakai rok'. Kayak hal-hal kecil seperti itu kan belajar, oh di Islam memang dianjurkan pakai rok. Jadi setelah beberapa tahun ke sini jadi kayak ditunggu-tunggu banget untuk bisa tarawih di sini," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com