Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Polisi Afganistan Ditembak Mati oleh "Orang Dalam"

Kompas.com - 19/05/2016, 16:44 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Seorang pejabat Afganistan mengatakan, delapan polisi tewas ditembak seorang rekan mereka di sebuah pos pemeriksaan di Provinsi Zabul, bagian selatan negara itu.

Wakil Kepala Kepolisian Zabul, Ghulam Jalani Farahi, Kamis (19/5/2016), mengatakan, pelaku melarikan diri dari lokasi kejadian di Qalat, ibu kota Zabul.

Pelaku juga merampas senjata dan kendaraan para korban. Peristiwa itu terjadi pada Kamis dini hari sekitar pukul 03.00.

Seorang juru bicara Taliban belakangan mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Ia mengatakan, pelaku penembakan itu "kini sudah bersama kami".

Di tempat lain, di Distrik Dihrawud, Provinsi Uruzgan, dua polisi juga tewas ditembak oleh seorang rekannya karena cekcok masalah pribadi.

Kepala Kepolisian Distrik Dhrawud, Shah Muhammad, mengonfirmasi kebenaran perihal kejadian yang dilakukan salah seorang anggotanya itu.

Serangan yang datang dari pelaku "orang dalam" kelompok itu sendiri sudah biasa terjadi di dalam lingkungan pasukan keamanan Afganistan.

Tindakan itu lebih sering dilakukan oleh pemberontak Taliban yang menyusup. Kelompok Taliban telah lebih dari lima tahun melakukan serangan dan pemberontakan terhadap pemerintah pusat di Kabul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com