Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Lalu, 282.000 Pejabat China Dihukum karena Korupsi

Kompas.com - 07/03/2016, 16:51 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Tahun lalu, pemerintah China menjatuhkan hukuman untuk hampir 300.000 orang pejabat berbagai level atas dugaan korupsi dan suap.

Di antara para pejabat yang dijatuhi hukuman, sebanyak 200.000 orang mendapatkan hukuman disiplin ringan dan sebanyak 82.000 orang lainnya menerima hukuman berat dan demosi.

Kantor berita Xinhua mengabarkan, 10 orang pejabat yang ditunjuk pemerintah pusat mendapatkan demosi drastis karena melakukan pelanggaran serius terhadap kode etik Partai Komunis.

Pemberantasan korupsi merupakan salah satu program besar Presiden Xi Jinping, meski kebijakan ini dikritik karena minimnya transparansi.

Selain itu, sejumlah kalangan menilai kebijakan ini malah digunakan untuk menyingkirkan rival potensial dari posisi kunci  mereka.

Lembaga pemberantas korupsi China, Komisi Pusat untuk Pengawasan Disiplin (CCDI) sangat jarang memberikan bukti terinci saat mempublikasikan rekening milik para terduga koruptor ini.

Sudah sejak lama korupsi menjadi masalah dan sumber kemarahan rakyat China. Sejak menjadi pemimpin negeri itu, Presiden Xi bersumpah untuk memberantas para "harimau" tingkat tinggi dan "lalat" tingkat rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com