Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jurnalis Ditahan karena Beritakan Kasus Keracunan 60 Gajah

Kompas.com - 03/11/2015, 18:48 WIB
HARARE, KOMPAS.com - Polisi Zimbabwe menahan tiga jurnalis media atas sebuah berita kasus keracunan 60 gajah yang melibatkan kepolisian dan pengelola taman nasional. Menurut kepolisian, berita tersebut tidak benar.

Ketiga jurnalis yang ditahan itu masing-masing eidtor Sunday Mail Mabasa Sasa, editor investigasi Brian Chitemba dan reoperter Tinashe Farawo. Mereka ditahan di Markas Besar Kepolisian Harare pada Senin (2/11/2015) kemarin.

Mereka ditahan dengan tuduhan menyampaikan pernyataan salah yang merugikan negara," kata juru bicara kepolisian Charity Charamba kepada wartawan di Harare.

Laporan media tersebut menyatakan bahwa asisten komisaris polisi, penjaga taman nasional dan departemen satwa liar, seorang pengusaha Asia dan beberapa perwira junior sedang diseldiki atas kasus keracunan 60 gajah di tempat terpisah.

Kepolisian menyatakan tidak ada penyelidikan internal  atas pejabat mereka yang diduga terlibat meracuni gajah, dan berita tersebut tidak benar.

"Editor dan reporter The Sunday Mail tidak boleh bersembunyi di balik hak istimewa jurnalisme untuk menyebarkan kebohongan," kata Charamba.

"Oleh karena itu kami mengimbau kepada semua wartawan untuk memverifikasi semua informasi sensitif dengan sudut pandang menulis informasi yang akurat," imbau dia.

Sementara itu, pengamat media dari Voluntary Media Council of Zimbabwe (VMCZ) mengecam penahanan jurnalis tersebut.

"Ini sikap barbarian dalam sebuah demokrasi. Ini melanggar konstitusi yang melindungi kebebasan berpendapat," kata direktur VMCZ, Loughty Dube.

Dalam menangani kasus jurnalistik, lanjut Dube, kepolisian mestinya menyampaikan keluhan ke VMCZ untuk mencabut atau mengklarifikasi sebuah berita, bukan menahan wartawannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com