Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beijing: Aksi Kapal Perang AS Merupakan Ancaman terhadap Kedaulatan China

Kompas.com - 27/10/2015, 14:17 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Beijing mengecam AS karena mengerahkan sebuah kapal perang di dekat pulau buatan China di daerah yang disengketakan di Laut China Selatan pada Selasa (27/10/2015) pagi. China mengatakan, langkah tersebut merupakan "ancaman terhadap kedaulatan China".

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang, dalam sebuah pernyataan, menyatakan, kapal perang USS Lassen telah "secara ilegal memasuki" perairan dekat pulau-pulau itu "tanpa mendapat izin Pemerintah China".

"China dengan tegas menentang negara mana pun untuk menggunakan kebebasan berlayar dan terbang sebagai alasan untuk merugikan kedaulatan dan kepentingan keamanan nasional China," tambah Lu.

Negara itu "akan teguh mempertahankan kedaulatan teriotrialnya" dan "dengan tegas menanggapi setiap tindakan provokatif dari negara mana pun".

Seorang pejabat pertahanan AS sebelumnya mengatakan, kapal perang USS Lassen melintas di jarak 12 mil laut dari pulau buatan yang sedang dibangun Beijing di Laut China Selatan pada Selasa pagi.

Ketegangan telah meningkat sejak China mengubah terumbu karang di laut itu, yang juga diklaim beberapa negara tetangga, menjadi pulau-pulau kecil yang mampu mendukung fasilitas militer. AS menilai, langkah China tersebut mengancam kebebasan berlayar.

Dalam sebuah komentar yang bernada tajam, kantor berita resmi China, Xinhua, mengatakan, aksi AS tersebut merupakan "provokasi terang-terangan terhadap kedaulatan teritorial China dan memperlihatkan kekuatan dengan dalih menguji kebebasan berlayar."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com