Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Tewas karena Penembakan di Aden, Yaman

Kompas.com - 20/07/2015, 04:45 WIB

KOMPAS.com - Paling tidak 43 orang tewas karena penembakan pemberontak Houthi Yaman di kota Aden, kata sejumlah pejabat.

Mereka mengatakan, setidaknya 120 orang lainnya terluka pada penyerangan hari Minggu (19/7/2015). Hal ini terjadi ketika pasukan pemerintah meningkatkan pengamanan kota di selatan negara tersebut.

Aden menjadi tempat pertempuran sengit antara pemberontak dan pendukung pemerintah.

Pasukan propemerintah, dengan dukungan serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi, minggu lalu menguasai kembali sebagian besar wilayah kota, termasuk bandara.

Hari Minggu, bentrokan sengit terjadi di daerah Dar Saad, Aden utara.

Pemimpin pemberontak Houthi menyangkal pemboman, tetapi petugas kesehatan Yaman mengatakan penembakan berasal dari daerah kekuasaan pemberontak, kata kantor berita Associated Press.

Semalam milisi pendukung pemerintah gagal menguasai daerah kekuasaan pemberontak di kota itu, semenanjung Tawahi di selatan.

Pemerintah meninggalkan Aden pada bulan Maret, karena kelompok Houthi -kelompok Islam Syiah dari utara yang menguasai ibu kota Sanaa- mendesak ke arah ibu kota provinsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com