Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nepal Diguncang Gempa, Obama Ucapkan Dukacita

Kompas.com - 30/04/2015, 03:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam kepada Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala atas nyawa yang hilang dalam gempa bumi berkekuatan 7,9 SR pada Sabtu (25/4/2015) lalu.

Gedung Putih mengatakan Obama dan Sushil Koirala membahas upaya berkelanjutan untuk menindaklanjuti gempa yang memporakporandakan ibu kota Kathmandu dan menewaskan lebih dari 5.000.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan Obama telah berjanji bahwa AS akan memberikan bantuan kepada Nepal.

Gempa bumi telah diikuti oleh kerusuhan lokal. Korban putus asa berbenturan dengan pemerintah yang berjuang untuk menyediakan layanan dasar.

AS telah mengirimkan bantuan sebesar 10 juta dollar AS, dan memerintahkan pasukan komando Angkatan Darat AS Baret Hijau, yang sudah di Nepal pada misi pelatihan, untuk bergabung dalam upaya penyelamatan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan kepala Pentagon Ashton Carter mengumumkan rincian terbaru dari upaya bantuan Amerika, termasuk penerbangan kargo militer kedua untuk mengangkut sukarelawan penyelamat ke Nepal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com