Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hambat Gerak Maju Pasukan Irak, ISIS Ledakkan Jembatan Sungai Tigris

Kompas.com - 11/03/2015, 14:12 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) meledakkan satu-satunya jembatan yang melintasi Sungai Tigris di kota Tikrit, Selasa (10/3/2015), bersamaan dengan berlanjutnya pengepungan yang dilakukan tentara Irak.

"Jembatan itu diledakkan ISIS. Seluruh sisi barat jembatan itu hancur," kata seorang kolonel polisi Irak.

Sementara itu, seorang perwira angkatan darat Irak mengatakan, ISIS berusaha memperlambat gerak maju pasukan pemerintah karena jembatan itu adalah satu-satunya jalan masuk ke kota Tikrit dari arah timur.

Desa Albu Ajil, yang direbut pasukan Irak pada Minggu, terletak di sisi timur Sungai Tigris. Demikian pula kota Al-Alam yang juga sudah direbut tentara pemerintah. Sementara itu, kota Ad-Dawr, kota lain yang juga tengah diserang pasukan Irak, terletak di sebelah selatan kota Tikrit dan sisi timur Sungai Tigris.

Selama sepekan terakhir, pasukan Pemerintah Irak yang didukung milisi bersenjata Syiah berhasil merebut sejumlah kota dan desa yang berada di sekitar kota Tikrit. Tujuan pasukan pemerintah adalah mengepung kota kelahiran Saddam Hussein yang sudah diduduki ISIS selama sembilan bulan sejak pertengahan tahun lalu.

Kota yang terletak 160 kilometer di sebelah utara Baghdad itu merupakan target terbesar yang harus direbut pasukan pemerintah setelah kocar-kacir ketika ISIS menggelar serangan kilat pertengahan tahun lalu.

ISIS diyakini hanya memiliki beberapa ratus orang pejuang di dalam kota Tikrit. Namun, Pemerintah Irak mengatakan, gerak maju pasukan dihambat bom-bom pinggir jalan serta para penembak jitu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com