Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Irak Rebut Kota Kecil di Dekat Tikrit

Kompas.com - 10/03/2015, 09:51 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Irak dan milisi Syiah, Senin (9/3/2015), berhasil merebut kota Nahyat al-Alam yang terletak beberapa kilometer sebelah utara Tikrit dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Selain itu, milisi Syiah yang mendukung miilter Irak juga berhasil merebut sebagian kota al-Dour dan sebagian desa Albu Ajil di sebelah selatan kota Tikrit, kota kelahiran mantan pemimpin Irak Saddam Hussein.

Sejumlah penduduk desa Albu Ajil ditahan pasukan pemerintah dan milisi Syiah karena diduga ikut ambil bagian dalam pembunuhan para prajurit Irak di dekat kamp militer Speicher saat ISIS merebut Tikrit dan wilayah utara Irak tahun lalu.

Para pejuang milisi Syiah menggambarkan ofensif mereka ke Albu Ajil adalah pembalasan dendam atas pembantaian Speicher. Meski demikian mereka berjanji semua warga sipil di kawasan yang banyak dihuni umat Muslim Sunni itu akan diperlakukan dengan baik.

Kampanye militer untuk merebut Tikrit adalah ofensif terbesar yang pernah digelar untuk menghadapi ISIS. Jika sukses, maka ini adalah kali pertama militer dan milisi berhasil merebut sebuah kota besar dari tangan ISIS.

Kemajuan ofensif yang digelar sejak diluncurkan sepekan lalu bisa mempengaruhi jadwal dan strategi untuk sebuah operasi yang lebih besar yaitu untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar yang dikuasai ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com