Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Palestina Tangkap 60 Anggota Hamas di Tepi Barat

Kompas.com - 10/03/2015, 10:22 WIB
RAMALLAH, KOMPAS.com - Aparat keamanan Palestina menangkap puluuhan anggota kelompok Hamas yang berada di Tepi Barat. Demikian sejumlah pejabat Palestina menjelaskan, Selasa (10/3/2015).

Dalam beberapa tahun terakhir Otorita Palestina, yang bermarkas di Ramallah, secara berkala melakukan penangkapan anggota Hamas termasuk mereka yang menjadi anggota parlemen.

Namun, penangkapan puluhan anggota Hamas kali ini merupakan pertanda kegagalan upaya persatuan dengan Hamas yang telah berusia nyaris satu tahun ini. Hamas adalah penguasa Jalur Gaza sementara Fatah mendominasi posisi di pemerintahan Palestina.

"Kami mendapatkan informasi bahwa  60 anggota Hamas ditangkap di seluruh Tepi Barat," ujar seorang sumber dari markas besar Hamas yang tak mau disebutkan namanya.

"Sementara itu, seorang pejabat aparat keamanan Palestina yang juga enggan disebuta namanya, mengatakan sebanyak 40 orang ditahan namun tidak memberikan rincian.

Berdasarkan perjanjian persatuan yang diteken pada April tahun lalu menyebut Hamas harus melepaskan kekuasaan di Jalur Gaza demi mempersiapkan jalan untuk digelarnya pemilihan umum pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com