Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Setuju Ekstradisi Tersangka Teroris ke Belgia

Kompas.com - 20/01/2015, 20:24 WIB
ATHENA, KOMPAS.com - Pemerintah Yunani setuju untuk mengekstradisi seorang pria keturunan Aljazair berusia 33 tahun yang terkait dengan jaringan teroris yang dibongkar kepolisian Belgia. Demikian seorang sumber keamanan Yunani, Selasa (20/1/2015).

Sumber itu memngatakan, tersangka ingin membuktikan dirinya tak bersalah dan pihak kejaksaan Yunani sudah setuju memenuhi permintaan ekstradisi dari Belgia. Proses ekstradisi ini diharapkan selesai pada Rabu (21/1/2015).

Menurut keterangan polisi, tersangka yang ditahan pada Sabtu lalu, pernah menjalani hukuman penjara di Yunani dalam kasus perampokan namun sudah dibebaskan sekitar satu tahun lalu.

Sebuah sel kelompok militan, yang menurut pemerintah Belgia berencana membunuhi polisi, dibongkar pekan lalu dalam sebuah penggerebekan yang dilakukan satuan polisi anti-teror di wilayah timur Belgia.

Media Belgia menyebut nama Abdelhamid Abaaoud (27), pria keturunan Maroko yang masih buron dan diyakini sebagai otal sel kelompok militan itu.

Operasi anti-teroris yang digelar di Belgia itu berbuntut operasi sejenis di beberapa negara Eropa yang menghasilkan sejumlah penangkapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com