Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2014, 10:38 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Alangkah kagetnya Andrew Kuchling, Kepala Sekolah Dasar Kempsey South di pedalaman New South Wales, Australia, ketika mendapati rekening bank sekolahnya bertambah 200.000 dollar atau lebih dari Rp 2 miliar lebih.

Pada mulanya, ia menerima surat elektronik yang dia yakini tidak lain dari aksi penipuan di internet yang dilakukan sekelompok orang biasanya mengaku sebagai pangeran dari Nigeria.

"Terus terang saya tidak percaya karena selama ini banyak e-mail yang bermaksud menipu," tuturnya kepada ABC.

Namun, karena rasa penasaran, Kuchling dan guru lainnya di sekolah itu kemudian membalas e-mail tersebut. "Kami membalasnya dengan pikiran iseng-iseng saja," katanya.

Ia kemudian mencoba menghubungi nomor telepon yang tersedia dalam e-mail itu. "Akuntan yang saya hubungi ternyata benar bekerja di perusahaan akuntan yang disebutkan," ujar Kuchling.

Di luar perkiraannya, ternyata donasi yang masuk ke rekening sekolah benar adanya. "Tapi, saya sama sekali tidak tahu siapa orang yang berbaik hati menyumbang sekolah kami ini," tuturnya.

SD South Kempsey memiliki 117 murid, 70 persen di antaranya merupakan anak-anak dengan latar belakang Aborigin. Menurut catatan sekolah, tingkat kehadiran murid mencapai 86 persen, termasuk tinggi untuk ukuran sekolah di pedalaman Australia.

Sekolah ini belakangan giat menyelenggarakan program memasak di sekolah, yang melibatkan murid mulai dari menanam bahan makanan, menyiapkan, hingga memasak dan menjualnya di kantin sekolah.

Menurut Kuchling, sebagian dari donasi misterius itu akan dialokasikan untuk membangun dapur di halaman sekolah untuk mendukung program yang sedang berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com