Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipecat Akibat Pasang Stiker Anti-Batu Bara di Mobil

Kompas.com - 25/08/2014, 19:10 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.com — Gara-gara memasang stiker anti-industri batu bara di mobilnya, seorang petugas keamanan di kawasan Pelabuhan Brisbane diberhentikan dari pekerjaannya. Aparat yang berwenang melarang dia menampilkan stiker tersebut di seluruh kawasan Pelabuhan Brisbane.

Kym Garrick, karyawan Kelompok Proteksi Perusahaan, diberhentikan dari pekerjaannya pada awal bulan ini. Manajemen perusahaan memberitahukan, pemecatan itu terjadi karena dia menempelkan stiker bertuliskan pesan "Brisbane Bebas Debu Batu Bara" di mobilnya.

Garrick mengakui, seorang staf di Pelabuhan Brisbane pernah memberi peringatan kepada dirinya terkait stiker di mobilnya. Ketika itu, dia langsung mencabutnya. Namun, belakangan dia berubah pikiran dan menempelkan kembali stiker itu.

"Saya marah, frustrasi, dan merasa diremehkan. Lagi pula, ini negara demokrasi, dan saya ingin mengungkapkan sesuatu yang saya benar-benar yakini," katanya.

Lantaran keputusannya itu, Garrick kini dilarang berada di lima kawasan Pelabuhan Brisbane.

Dalam surat pemecatan Garrick, Perusahaan Perlindungan Korporat mengatakan, "Kami mengetahui Anda pernah menyingkirkan stiker itu. Namun, baru-baru ini Anda kembali ke kawasan Pelabuhan Brisbane dengan kondisi bahwa stiker itu terpampang kembali di kendaraan Anda. Pihak Pelabuhan Brisbane memerintahkan kami bahwa Anda dilarang berada di kawasan ini."

Juru bicara Pelabuhan Brisbane mengatakan, perusahaannya tidak bersedia memberikan pernyataan apa pun terkait isu ini. Dia menambahkan, Garrick diberhentikan karena pertimbangan risiko keamanan.

"Mereka tidak menghendaki siapa pun mengusik kenyamanan mereka," ujar Garrick merespons alasan tersebut.

"Saya mengacak-acak kenyamanan mereka dengan stiker di mobil saya. Itu alasannya. Padahal, itu tidak ada hubungannya dengan kinerja saya sebagai seorang  karyawan. Sekarang saya menganggur," katanya.

Rumah Garrick terletak di belakang jalur kereta utama yang membawa batu bara ke Pelabuhan Brisbane.
 
"Jika cucian saya banyak dan sebagian besar berwarna putih, saya harus mengerjakannya (mencuci) pada siang hari. Jika tidak, maka saya harus melakukannya di dalam rumah, dan Anda akan bisa melihat adanya jejak noda hitam dari abu batu bara," tuturnya lagi.

Pengelola acara Masyarakat Udara Bersih Queensland, Michael Kane, menggambarkan situasi yang menimpa Garrick sebagai lelucon yang tidak lucu. "Pemecatan ini terjadi hanya karena Garrick memasang stiker itu di mobilnya sendiri? Dia orang yang sangat terhormat," katanya.

Perusahaan keamanan telah menawarkan Garrick kontrak untuk bekerja di lokasi yang berbeda. Namun, Garrick menolak tawaran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com