Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembeli Temukan Uang Rp 457 Juta di Dalam Sofa Bekas

Kompas.com - 16/05/2014, 14:43 WIB
Tiga orang sahabat di New York, Amerika Serikat, menemukan uang senilai 40.000 dollar AS atau setara Rp 457 juta dalam sebuah sofa bekas yang mereka beli. Mereka memutuskan untuk melacak pemilik uang tersebut dan mengembalikannya.

Reese Werkhoven, Cally Guasti, dan Lara Russo membeli perlengkapan rumah tangga tersebut seharga 20 dollar atau Rp 228.900 dari sebuah toko yang menjual barang bekas untuk kebutuhan amal.

Saat mereka memeriksa kondisi sofa, mereka menemukan uang puluhan ribu dollar AS di dalam sejumlah amplop.

Kisah penemuan uang dalam sofa bekas itu ditulis dalam blog The Little Rebellion.

Dalam blog tersebut, Russo mengatakan, dia dan kedua temannya mengetahui nama perempuan pemilik uang dari salah satu amplop yang ditemukan di dalam sofa.

"Kami semua sepakat untuk mengembalikan uang tersebut ke siapa pun pemiliknya... ini uang mereka, bukan kami yang memiliki uang tersebut," kata dia.

"Jumlah uang terbanyak yang pernah saya temukan di sebuah sofa adalah 50 sen. Sejujurnya, saya sangat gembira dapat menemukan 5 dollar di dalam sofa," imbuh Werkhoven.

Tidak tahu

Perempuan pemilik uang mengatakan, anak perempuannya, yang menjual sofa tersebut ketika dia tengah menjalani operasi di rumah sakit, tak mengetahui ada uang yang disimpan dalam sofa.

Dalam blog yang ditulis Werkhoven, perempuan itu mengaku bahwa saat suaminya masih hidup, almarhum memberinya uang setiap pekan untuk ditabung.

"Uang itu merupakan tabungan si perempuan selama hidup. Saat kami datang memberinya uang tersebut, dia mengatakan, 'Suami saya melihat ke bawah ke arah saya, dan ini memang seharusnya terjadi'," kata Guasti.

Ketika mereka mengembalikan uang tersebut, perempuan itu memberikan hadiah senilai 1.000 dollar AS atau Rp 11 juta kepada tiga sahabat yang tinggal dalam satu apartemen itu.

Kepada stasiun televisi CBS, ketiga sahabat yang tinggal di New Paltz, New York, ini mengatakan bahwa perempuan pemilik uang ingin agar namanya dirahasiakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com