Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nigeria Geser Afsel sebagai Ekonomi Terbesar di Afrika

Kompas.com - 07/04/2014, 07:22 WIB
LAGOS, KOMPAS.COM - Nigeria mengatakan negaranya telah mengambilalih posisi Afrika Selatan sebagai negara dengan tingkat perekonomian terbesar di Afrika.

Kepala Biro Statistik Nigeria Yemi Kale, Minggu (6/4/2014), mengatakan ekonomi negara itu diperkirakan mencapai 490 miliar dollar, mengalahkan angka yang dihitung Bank Dunia bagi Afrika Selatan tahun 2012 yaitu 384 miliar dollar.

Nigeria mencapai tingkat baru dalam perekonomiannya, ke-26 terbesar di dunia, setelah memulihkan beberapa industri seperti penerbangan, telekomunikasi dan informasi teknologi yang tidak dimasukkan dalam penghitungan tahun 1990.

Nigeria mengatakan ketika itu misalnya hanya ada 300 ribu saluran telefon, tetapi kini ada 100 juta pengguna telefon seluler.

Dengan data baru itu, Nigeria bisa menggantikan Afrika Selatan sebagai negara di Afrika yang paling representatif di antara kelompok negara-negara dengan ekonomi besar di dunia atau G-20.

Namun, Afrika Selatan, yang memiliki jumlah penduduk jauh lebih kecil dibanding Nigeria, memiliki pendapatan per kapita yang jauh lebih tinggi yaitu 7.336 dolar, dibanding Nigeria yang hanya 2.688 dollar.
 
Survei kemiskinan terbaru yang dilakukan Bank Dunia melaporkan bahwa 61 persen dari 170 juta warga Nigeria bertahan hidup dengan kurang dari satu dolar per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com