Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pinggiran Baghdad, Tentara Irak Tewaskan 40 Anggota Militan

Kompas.com - 03/04/2014, 19:42 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Irak menewaskan lebih dari 40 orang anggota kelompok militan dalam sebuah baku tembak di dekat ibu kota Baghdad, Kamis (3/4/2014), saat pasukan anti-pemerintah merangsek mendekati Baghdad tiga pekan sebelum pemilihan umum.

Militer Irak dalam pernyataannya mengatakan, mereka berhasil menggagalkan upaya serangan yang dilakukan kelompok Daash yang berencana menerobos ke sebuah kamp militer.

Daash yang dimaksud militer Irak adalah sebutan dalam bahasa Arab untuk kelompok Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL).

"Pasukan Irak menewaskan lebih dari 40 orang penyerang dan salah satu perwira kami tewas saat menghadapi kelompok penjahat itu," demikian militer Irak.

Dua senjata mesin berat, 15 senapan serbu, dan lima buah peluncur granat disita pasukan Irak bersama sejumlah peralatan lainnya.

Baku tembak di wilayah Yusifiyah ini terjadi hanya beberapa hari setelah pertempuran di kawasan Zoba dan Zaidan masih di kota Baghdad.

Di hari yang sama, sebuah bom mobil meledak di kota Tuz Khurmatu, wilayah utara Irak menewaskan empat orang tentara dan 12 orang lainnya. Demikian wali kota Tuz Khurmatu, Shallah Abdul.

Sepanjang tahun ini sudah 2.300 orang tewas di Irak di tengah level pemberontakan yang jauh lebih hebat dibanding yang terjadi pada 2008 saat Irak terjerat dalam perang sektarian brutal antara kelompok Syiah dan Sunni, yang mengakibatkan puluhan ribu orang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com