Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marinir Meksiko Bunuh Ketua Geng Knights Templar

Kompas.com - 01/04/2014, 17:58 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Pasukan marinir Meksiko, Senin (31/3/2014), berhasil menembak mati seorang pemimpin kartel obat bius Knights Templar, tiga pekan setelah pemimpin tertinggi kartel itu tewas ditembak.

Enrique "Kike" Plancarte tewas tertembak di negara bagian Queretaro, Meksiko tengah. Demikian dua pejabat pemerintah yang tak ingin disebut namanya menjelaskan.

"Itu merupakan operasi angkatan laut," kata seorang pejabat yang menolak memberikan rincian lebih lanjut.

Plancarte (43) adalah salah seorang pemimpin tertinggi Knights Templar yang berbasis di negara bagian Michoachan, sebelah barat Meksiko. Selama beberapa bulan terakhir, kelompok ini terus digempur pasukan pemerintah dan milisi rakyat bersenjata.

Sejumlah media Meksiko mengabarkan, Plancarte tewas setelah menolak penahanan di dekat sebuah lapangan sepak bola di kota Colon, menyusul sebuah operasi yang melibatkan 150-200 prajurit marinir.

Meski kementerian dalam negeri Meksiko belum memberikan konfirmasi, tetapi harian Reforma mengabarkan bahwa pasukan marinir sudah memastikan Plancarte tewas.

Kematian Plancarte menyusul kematian pendiri Knights Templar, Nazario Moreno alias El Chayo. Dia dibunuh pasukan pemerintah di Michoachan pada 9 Maret 2014.

Moreno pernah dikabarkan tewas pada Desember 2010, membuat Knights Templar kemudian dipimpin Servando "La Tuta" Gomez. Pria yang pernah berprofesi sebagai guru itu kini masih dalam pengejaran.

Sementara itu, paman Plancarte, Dionicio, yang juga salah satu tokoh utama Knights Templar, sudah ditahan pada Januari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com