Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Militer Filipina Tewaskan 17 Militan Bangsamoro

Kompas.com - 28/01/2014, 14:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Operasi militer Filipina hingga hari kedua, Selasa (28/1/2014), menewaskan 17 anggota militan dari Kelompok Pembebasan Islam Bangsamoro (BIFF). Sampai kini, tulis AP , memang belum tercipta kesepakatan damai antara Pemerintah Filipina dan kelompok perlawanan bersenjata terbesar di Filipina tersebut.

Pemerintah Filipina mengerahkan sekitar 1.500 personel militernya di Selatan Filipina. "Selain korban tewas itu, dua tentara dan satu warga sipil terluka dalam baku tembak," kata Juru Bicara Militer Regional Kolonel Dickson Hermoso.

Serangan terhadap BIFF dihelat sejak kemarin atau dua hari pascaberakhirnya negosiasi pemerintah dengan Front Pembebasan Islam Moro (MILF). Kesepakatan itu mengakhiri satu dekade pertikaian bersenjata yang menewaskan banyak orang tersebut.

BIFF sejatinya adalah kelompok kecil bersenjata yang menolak perdamaian dengan Pemerintah Filipina. BIFF paling sering melakukan serangan mematikan dengan fokus memecah kesepakatan negosiasi perdamaian.

Sementara itu, catatan pertempuran tentara Filipina menunjukkan kalau baku tembak masih terjadi di tiga desa dekat Datu Piang atau sekitar 800 kilometer selatan Manila. Kekuatan BIFF, imbuh Hermoso, ada sekitar 120 orang. Namun, mereka banyak mendapat dukungan dari jaringan-jaringan perlawanan lainnya.

Masih menurut Hermoso, ada 25 anggota militan BIFF yang ditangkap tentara dalam pertempuran itu. Mereka akan dibawa ke ranah hukum Filipina dengan dakwaan penculikan, pembunuhan, dan penyiksaan terhadap warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com