Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Filipina Selamatkan Kelompok Sandera Terakhir

Kompas.com - 27/09/2013, 17:33 WIB
ZAMBOANGA, KOMPAS.com - Militer Filipina, Jumat (27/9/2013), mengatakan mereka telah menyelamatkan sandera terakhir yang ditahan pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) di Zamboanga, pulau Mindanao.

"Kami sudah selamatkan enam sandera terakhir yang ditahan pemberontak. Kami memastikan ada 195 sandera," kata juru bicara militer Letnan Kolonel Ramon Zagala dalam jumpa pers di Zamboanga.

Selain itu, lanjut Zagala, sebanyak sekitar 300 orang pemberontak menyerah atau ditangkap pasukan pemerintah Filipina.

Meski demikian, situasi kota Zamboanga belum sepenuhnya pulih setelah dicekam baku tembak selama tiga pekan.

Suara tembakan masih terdengar secara sporadis di beberapa lokasi dan dua ledakan keras terdengar di kawasan di mana pasukan khusus Filipina melakukan penggeledahan dari rumah ke rumah.

Kekerasan ini dikhawatirkan membuat investor enggan menanamkan modalnya di kawasan miskin namun kaya sumber daya alam di wilayah selatan Filipina ini.

Aksi kekerasan ini juga memunculkan pertanyaan soal kemampuan pemerintah Filipina dalam menangani masalah seperti ini.

"Saya kira masalah ini menjadi aib bagi pemerintah. Sekelompok orang bersenjata menguasai sebagian besar wilayah sebuah kota selama tiga pekan," kata konsultan keamanan Pacific Strategies and Assessments Richard Jacobson.

Konflik di Zamboanga ini juga memunculkan keraguan atas upaya pemerintah Filipina mengakhiri pemberontakan warga Muslim yang sudah berlangsung selama 40 tahun.

Selama 40 tahun itu, 120.000 orang tewas dan dua juta orang lainnya terpaksa meninggalkan kampung halamannya dan menciptakan sebuah siklus krisis kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com