Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 24 Jam, AL Italia Selamatkan 1.000 Imigran Gelap

Kompas.com - 03/01/2014, 17:42 WIB
ROMA, KOMPAS.com — Angkatan laut Italia, Jumat (3/1/2014), mengatakan, dalam 24 jam terakhir telah menyelamatkan sebanyak 1.000 orang imigran gelap yang berlayar dari Afrika menuju Eropa di tengah keganasan Laut Tengah di musim dingin ini.

Sekitar 823 orang imigran diselamatkan pada Kamis (2/1/2013), dan sehari sebelumnya 233 orang juga diselamatkan dari keganasan laut.

Ini merupakan bagian dari operasi besar-besaran "Mare Nostrum" yang digelar Pemerintah Italia untuk menyelamatkan ribuan nyawa imigran asal Afrika yang nekat menuju Eropa dengan berdesak-desakan dalam perahu kecil yang sangat buruk kondisinya.

Dari 1.000-an orang itu, terdapat 30 orang perempuan dan 42 anak-anak. Sebagian besar dari mereka berasal dari Mesir, Irak, Pakistan, dan Tunisia.

Enam kapal perang dan sejumlah helikopter yang terlibat dalam operasi itu kemudian membawa para imigran tersebut ke kota pesisir Augusta di Pulau Sisilia, Italia.

Sejumlah organisasi kemanusiaan memperkirakan sebanyak 17.000 hingga 20.000 tewas saat mencoba menyeberangi Laut Tengah menuju Eropa selama 20 tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com