Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Vaksinasi Polio di Pakistan Kembali Diserang, 1 Tewas

Kompas.com - 13/12/2013, 17:24 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sekelompok pria bersenjata menembak mati seorang polisi yang mengawal tim vaksinasi polio di Pakistan, Jumat (13/12/2013).

Polisi yang tewas itu bersama seorang polisi lainnya diserang ketika sedang dalam perjalanan mengedarai sepeda motor dari kota Swabi ke kota Topi di kawasan Barat daya negara itu.

Serangan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian serangan atas tim vaksinasi polio di sejumlah wilayah negara itu.

Awal Oktober lalu, dua orang -termasuk seorang polisi- tewas akibat ledakan bom dengan sasaran kampanye polio di dekat rumah sakit di daerah Budh Bher.

Kelompok militan Taliban menentang program vaksinasi karena dianggap sebagai kedok spionase internasional.

Penentangan atas vaksinasi polio semakin meningkat setelah tewasnya Osama bin Laden oleh pasukan khusus Amerika Serikat dalam serangan 2011 atas sebuah rumah di Abbotabad.

Sebelum serangan itu, dokter Shakil Afridi -yang sudah dijatuhi hukuman oleh pemerintah  Pakistan- melakukan vaksinasi atas keluarga Osama di rumah itu.

Pakistan merupakan satu dari tiga negara di dunia yang masih menghadapi wabah polio, selain Nigeria dan Afghanistan. Belum ada pihak yang mengaku di balik serangan terbaru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com