Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Parlemen Afganistan Diserang Bom Serban

Kompas.com - 29/11/2013, 21:29 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Seorang pelaku bom bunuh diri, Jumat (29/11/2013), mencederai seorang anggota parlemen Afganistan setelah meledakkan bom yang disembunyikan di ikat kepala atau serbannya.

Serangan seperti ini mengingatkan serangan serupa yang menewaskan mantan presiden Burhanuddin Rabbani pada 2011.

Hamidullah Tokhi, anggota parlemen dari provinsi Zabul yang juga pernah menjabat gubernur provinsi itu, terluka setelah seorang pria memasuki kediamannya di Kabul lalu meledakkan diri.

"Seorang pria yang menyembunyikan bom di serbannya meledakkan diri saat dia menyalami Hamidullah Tokhi di distrik Kart-e-Parwan, Kabul," kata Wakil Juru Bicara Kemendagri Afganistan, Najib Danish.

"Anggota parlemen itu hanya mengalami luka ringan dan kini dirawat di rumah sakit. Kami sudah memulai investigasi," tambah Najib.

Sejumlah saksi mata mengatakan, setidaknya dua orang lain juga terluka akibat serangan itu.

Pada 2011, Burhanuddin Rabbani yang mengetuai Dewan Tinggi Perdamaian Afganistan dibunuh pelaku bom bunuh diri yang menyembunyikan bom di serbannya.

Tahun lalu, Asadullah Khalid, pemimpin dinas intelijen Afganistan, terluka parah setelah seorang pengebom bunuh diri meledakkan bom yang disimpan di pakaian dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com