Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunawisma Jujur Dapat Sumbangan Rp 1,2 Miliar

Kompas.com - 20/09/2013, 17:45 WIB

BOSTON, KOMPAS.com — Seorang tunawisma mendapat sumbangan dari berbagai penjuru AS hingga bernilai lebih dari 110.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar karena kejujurannya mengembalikan temuan tas kepada pihak berwajib.

Gelandangan asal Boston bernama Glen James itu melapor kepada polisi setelah menemukan sebuah tas punggung berisi uang tunai puluhan ribu dollar beserta cek perjalanan, pekan lalu. Nilai keseluruhan isi tas itu diperkirakan mencapai 42.000 dollar AS atau sekitar Rp 475 juta.

Polisi kemudian berhasil melacak pemilik tas dan mengembalikan isinya. Berita tentang kebaikan hati James itu lalu disebarkan media dan menyentuh perasaan Ethan Whittington, yang sama sekali tak mengenalnya.

Whittington, yang tinggal di Midlothian negara bagian Virginia, mengatakan, ia sangat terkesan oleh kejujuran James sehingga memutuskan untuk membantunya dengan mengumpulkan uang lewat kampanye.

"Fakta bahwa keadaannya seperti itu, jadi gelandangan, saya sangat kagum bagaimana ia bisa tetap bersikap jujur,'' kata Whittington seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Menurut Whittington, idenya untuk mengumpulkan donasi di situs sawer dana untuk James "langsung merembet cepat seperti api".

"(Kampanye) ini membuat saya punya banyak pengharapan, bukan cuma soal memberi penghargaan kepada seseorang. Menurut saya, ini sebuah pernyataan terhadap siapa pun di Amerika.

"Kalau kita bekerja sama dengan satu tujuan, kita bisa mewujudkannya."

Sementara James, yang sebelumnya bekerja sebagai pegawai pengadilan di Boston, mengatakan, dia tak akan mengambil "sepeser pun" uang yang ditemukannya meskipun kondisi dirinya sangat terdesak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com