Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi China Cokok Penyebar Rumor Bom

Kompas.com - 23/08/2013, 18:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Jangan asal bicara bom di China. Salah-salah, Anda bisa dicokok polisi.

Warta Xinhuapada Jumat (24/8/2013), menunjukkan polisi Provinsi Guangdong, selatan China,
mencokok seorang pria berusia 18 tahun. Tuduhannya, menyebarkan rumor bom.

Awalnya seperti ini. Selasa lalu, polisi Guangzhou menerima informasi kalau seorang pria bertato naik kereta api K 1206 jurusan Shenzen. Pria itu, kata pemberi informasi, membawa 10 kilogram bom.

Karuan saja, informasi ini membuat petugas di kereta api tersebut mencari sosok yang disebutkan pemberi informasi tadi. "Kami berhasil menemukan sosok tersebut tapi gagal menemukan bom dimaksud," kata pernyataan polisi.

Nah, di Shenzen, destinasi terakhir perjalanan dari Guangzhou, polisi setempat kembali memeriksa cermat seluruh penumpang kereta api tersebut. Dua jam lamanya mereka memeriksa. Lagi-lagi, tak ada hal yang mencurigakan dijumpai.

Pada Rabu (21/8/2013), polisi malahan menangkap seseorang bermarga Fan di sebuah tempat hiburan di Zhaoqing, di Provinsi Guangdong. Dari pengakuannya itulah polisi menemukan bukti kalau rumor bom itu hanya rekaan. "Kami menahan tersangka untuk penyelidikan lebih lanjut," demikian ungkap pihak kepolisian.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com