Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Warga AS Nilai Snowden Bukan Pengkhianat

Kompas.com - 11/07/2013, 07:50 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Jajak pendapat baru mengungkapkan, mayoritas warga Amerika beranggapan bahwa mantan pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) Edward Snowden yang membocorkan program rahasia pengintaian intelijen AS adalah seorang whistle blower atau pengungkap kasus, dan bukan seorang pengkhianat.

Jajak pendapat Universitas Quinnipiac yang diterbitkan hari Rabu (10/7/2013) mendapati bahwa 55 persen warga yang disurvei melihat Edward Snowden sebagai seorang whistle blower atau pengungkap kasus, sementara 34 persen mengatakan ia adalah pengkhianat.

Warga Amerika terbagi dua soal apakah upaya-upaya kontraterorisme pemerintah itu keterlaluan atau tidak dalam membatasi kebebasan sipil sebagai bagian dari perang melawan terorisme. Sebanyak 45 persen warga yang disurvei mengatakan, pemerintah telah bertindak terlalu jauh, 40 persen lainnya mengatakan tidak.

Jajak pendapat ini berbeda dengan survei Quinnipiac pada Januari 2010 lalu, ketika hampir dua per tiga warga yang disurvei mengatakan kegiatan-kegiatan pemerintah tidak cukup untuk melindungi Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com