Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Staf Pembangkit Nuklir Fukushima Meninggal akibat Kanker

Kompas.com - 10/07/2013, 02:40 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Mantan kepala pada pusat pembangkit listriK tenaga nuklir Fukushima, Jepang, Selasa (9/7/2013), dilaporkan meninggal dunia karena kanker. Masao Yoshida (58 tahun) diketahui terus berada di kantornya dan berupaya menangani reaktor nuklir saat terjadi gempa bumi dan gelombang tsunami pada 11 Maret 2011.

Kantor berita AFP hari Selasa melaporkan, gempa bumi dan hantaman tsunami menghancurkan sistem pendingin Reaktor Fukushima. Akibatnya, inti reaktor meleleh dan menimbulkan radiasi. Masao dilaporkan terus berada di lokasi reaktor untuk memastikan inti pembangkit listrik tersebut teatp terkendali setelah diguncang gempa.

"Dia meninggal dunia akibat kanker pukul 11.32 di sebuah rumah sakit di Tokyo," ujar juru bicara Perusahaan Tenaga Listrik yang mengoperasikan Reaktor Fukushima, di Tokyo. Masao Yoshida baru meninggalkan Reaktor Fukushima setelah pemerintah dan petugas penyelamat datang ke Fukushima.

Namun, Masao kemudian masuk rumah sakit pada akhir November 2011 hingga dia meninggal dunia. Belum dapat dipastikan apakah kanker yang diidap Masao terkait dengan gempa yang kemudian memicu kebocoran reaktor nuklir di PLTN Fukushima itu. Masao Yoshida dilaporkan sempat menjalani pembedahan kanker otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com