Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Berisi 7 Orang Jatuh di Hawaii, 6 Jenazah Ditemukan

Kompas.com - 28/12/2019, 18:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CBS News

HONOLULU, KOMPAS.com - Otoritas menyatakan, mereka telah menemukan enam jenazah dari helikopter yang jatuh di kawasan terpencil Hawaii saat mengangkut tujuh orang.

Helikopter itu dilaporkan tidak kembali setelah bertamasya di area pegunungan Pulau Kauai pada Kamis waktu setempat (26/12/2019).

Kepala Batalion Pemadam Kebakaran Kauai Sol Kanoho dalam konferensi pers berujar, terdapat indikasi "tidak ada yang selamat".

Baca juga: Cerita Warga yang Jauh-jauh Datang ke Lokasi Helikopter Jatuh Untuk Selfie...

Dilansir CBS News Jumat (27/12/2019), jenazah enam dari tujuh korban helikopter ditemukan di salah satu garis pantai terpencil dan terjal di Hawaii.

Otoritas menuturkan, mereka tidak akan berkomentar soal kecelakaan hingga Dewan Keselamatan Transportasi AS (NTSB) sampai.

Pemerintah Kauai berkata, mereka akan mencoba kembali lokasi kejadian di Kokee pada Sabtu (28/12/2019) untuk mencari korban ketujuh.

Helikopter itu mengangkut pilot dan enam penumpang, termasuk dua anak, dan tidak kembali dari tur di Pantai Na Pali di Kauai.

"Operasi masih terus dilanjutkan. Kami melakukan segala yang kami bisa pada situasi ini," jelas Wali Kota Kauai Derek SK Kawakami.

Bintara Kelas Satu Robert Cox dari Pusat Komando Penyelamatan Penjaga Pantai Honolulu menerangkan, kondisi terbilang "menantang".

Cox menjelaskan selain jarak penglihatan yang terbilang rendah, angin yang bertiup kencang juga menyulitkan operasi.

"Kami sudah melatih kru supaya merespons tanda-tanda adanya helikopter jatuh maupun korban tersisa," papar Cox dalam rilis resmi.

Penjaga Pantai menyatakan, mereka sadar helikopter itu menghilang pukul 18.00 waktu lokal, 40 menit setelah waktu yang ditentukan untuk kembali.

Burung besi tersebut dikabarkan sudah diperlengkapi dengan alat pelacak elektronik, namun hingga saat ini tim pencari belum menemukan sinyal.

Penjaga Pantai melanjutkan, mereka menerjunkan helikopter MH-65, pemotong, dan perlengkapan lain untuk mencari lokasi jatuhnya.

Baca juga: Helikopter Jatuh di Lombok Tengah, Pilot dan Penumpang Selamat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com