Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Target Ekonomi Indonesia 10 Besar pada 2030, 4 Besar pada 2045

Kompas.com - 13/07/2019, 19:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mempunyai gambaran seperti apa periode keduanya yang bakal berlangsung pada Oktober mendatang.

Setelah segala pertanyaan akan legitimasi kemenangannya dalam Pilpres April lalu, Jokowi bisa sekali lagi fokus untuk menyelesaikan apa yang dia mulai.

Baca juga: Pramono: Pertemuan Jokowi dan Prabowo Disusun Cukup Lama

Yakni membimbing Indonesia mewujudkan potensi besar namun tak terpenuhi. Apalagi statusnya yang merupakan negara dengan ekonomi nomor 16 di dunia.

Selama beberapa dekade, Indonesia telah dianggap sebagai negara yang ekonominya bakal bertumbuh secara signifikan. Namun, gagal memenuhi harapan investor dan rakyatnya.

"Kami optimistis," ujar Jokowi dalam wawancara dengan Nikkei Asian Review di Istana Merdeka yang dipublikasikan pekan lalu. Setidaknya, dia sudah punya target seperti ekonomi Indonesia nanti.

"Target kami (secara ekonomi) adalah berada di jajaran 10 besar pada 2030, dan kemudian menyodok ke posisi empat besar 2045 mendatang," tegas dia.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu sudsh memetakan apa saja yang dibutuhkan Indonesia untuk berkembang dalam lima tahun ke depan.

Menurut Jokowi, pemerintahannya mempunyai lima pekerjaan yang harus diselesaikan. Yang berada di daftar teratas tentunya adalah percepatan pembangunan infrastruktur.

Selain itu, dia juga bertekad untuk peningkatan sumber daya manusia, reformasi lingkungan bisnis, menarik investasi asing, hingga meningkatkan pengelolaan anggaran nasional.

"Lima tahun ke depan bakal lebih krusial," terang dia. Meningkatkan keterampilan dasar adalah salah satu janji dalam kampanyenya saat pilpres lalu.

Janji itu, lanjut Jokowi, bakal menjadi prioritasnya "secara besar-besaran" dalam periode kedua. Sesuatu yang paling signifikan, namun juga paling menantang.

Baca juga: Prisia Nasution Saksikan Jokowi Bertemu Prabowo, Pesohor Pun Berkomentar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com