Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galakkan Donor Darah Usia Muda, Pemerintah Jepang Pakai Animasi "Idol"

Kompas.com - 31/05/2019, 19:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Jepang terkenal salah satunya sebagai negara penghasil tayangan serial animasi yang memiliki banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia.

Keberhasilan Jepang dalam membangun budaya animasi modern itu dimanfaatkan pemerintah untuk kampanye-kampanye sosial, salah satunya menggalakkan gerakan donor darah.

Seperti yang belum lama ini dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan Jepang, yang membuat tayangan animasi "idol" berjudul "The Birth of KKT21".

Tayangan berdurasi lima menit 30 detik itu menceritakan tentang lima karakter gadis muda yang tergabung dalam grup idola bernama KKT21, berasal dari kata Kenketsu, yang berarti donor darah, dan 21 yang merujuk pada abad ke-21.

Baca juga: Boyband BTS Muncul dalam Animasi The Simpsons

Dikisahkan Sara, Masumi, Rio, Aki, dan Emina, yang akan memulai debut mereka sebagai grup idola dan berlatih untuk penampilan perdana.

Dalam tayangan tersebut akan dijelaskan pula persyaratan menjadi donor darah dan mengapa harus mendonorkan darah.

Di akhir tayangan, para anggota KKT21 ini membawakan single perdana mereka yang berjudul “A, B, O, AB! Ima no Kimi ni Dekiru Koto", yang artinya "A, B, O, AB! Hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Ini".

Dilansir Japan Today, karena bertujuan untuk kampanye, tayangan animasi itu tidak sehalus animasi lainnya yang bertujuan komersial. Pun gerakan para karakternya tidak terlihat lancar atau harmonis.

Bahkan jika Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan memutuskan untuk hanya menampilkan satu episode tersebut, diharapkan masih dapat mengajak beberapa penggemar animasi untuk pergi ke pusat donor darah dan mendonorkan darahnya.

Baca juga: Spider-Man: Into the Spider-Verse Jadi Film Animasi Terbaik Oscar 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com