Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJ Wiki, Perempuan 80 Tahun yang Lincah Mainkan Musik di Lantai Dansa

Kompas.com - 16/04/2019, 10:02 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com – Wirginia Szmyt, seorang perempuan berusia 80 tahun, menjadi sorotan karena profesinya sebagai seorang disc jockey di Warsawa, Polandia.

Masih aktif menjadi DJ di usianya yang memasuki dasawarsa ke-8, membuat Szymt dinobatkan sebagai DJ tertua di Polandia. Nama panggungnya adalah DJ Wika.

Dikutip dari Reuters, sehari-hari, DJ Wika biasa mengenakan baju berwarna terang menyala, sepatu mengkilat, lipstik merah menyala, dan headphones yang menutup kedua telinganya. Tak ketinggalan, setumpuk gelang juga ia kenakan, mendukung penampilannya.

Tidak seperti kebanyakan perempuan seumurnya yang menghabiskan waktu bermain bersama cucunya, Wika justru masih memainkan mixer, sibuk dengan layar laptop, serta bereksperimen menyusun musik pesta di sebuah klub malam besar di Kota Warsawa.

"Saya tidak peduli apakah orang akan menyukai atau tidak melihatku menari atau melompat di balik peralatan musikku, karena saya tidak bisa diam," kata Wika.

Baca juga: Sempat Diminta Turun Saat Jadi DJ, Pria Ini Kini Punya Retail di Mana-mana

Kerap kali Wika mengangkat tangannya dan mengajak semua pengunjung bertepuk tangan mengikuti irama musik.

"Ketika saya bermain, saya merasakan alunan melodinya, saya merasakan hentakan ritmenya,” ujarnya.

Seperti dirinya, orang-orang yang berkunjung ke klub saat dirinya tampil adalah para pensiunan, veteran, dan orang-orang berusia lanjut lainnya.

Wika sadar akan peran musik dalam menjaga keremajaan jiwa seseorang. Pikiran dan tubuh bisa menerima efek baik dari mendengarkan dan menikmati musik.

Ia sudah menjadi DJ dan menghibur pengunjung lansia ini sejak 20 tahun yang lalu. Karena pengalamannya inilah ia dihormati dan disegani.

Setiap Senin malam, Wika menghibur hingga 1.000 orang di klub Hula Kula. Penampilannya mampu mematahkan stereotip yang menyebut orang tua sebagai sosok tak berdaya dan hanya bisa diam di rumah.

Penampilannya juga memberi dorongan semangat dan keyakinan bagi para orang tua, berapa pun angka usia, semua orang pasti masih bisa berkarya dan bermakna.

"Saya tidak seperti orang tua yang banyak digambarkan orang-orang, saya tidak menemukan alasan mengapa umur harus memengaruhi kebiasaan hidup seseorang," kata mantan guru pendidikan khusus ini.

Dalam memainkan nada, Wika mahir dalam banyak jenis aliran musik, mulai dari musik disko, rock, samba, hingga balada.

"Saya terbiasa bekerja dengan orang-orang muda dan saya tetap berpenampilan muda begitu juga dengan harapan yang meletup-letup layaknya seorang pemuda. Pesanku pada para pemuda, hidupmu tidak berakhir saat usiamu memasuki 70 tahun," ujar Wika.

"Mereka akan berkata, 'Ibu Wika, kami sudah berusia 40 tahun, kami sudah tua', dan saya dua kali lebih tua daripada kalian, tapi saya tidak tua," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com