Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Bebaskan Tiga Perempuan Aktivis yang Ditahan Tahun Lalu

Kompas.com - 28/03/2019, 23:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Pengadilan Arab Saudi, pada Kamis (28/3/2019), membebaskan tiga dari 11 perempuan aktivis yang ditahan tahun lalu.

Ketiga perempuan aktivis yang dibebaskan yakni blogger Eman al-Nafjan, pensiunan dosen Universitas King Saudi, Aziza al-Youssef, serta akademisi Rokaya al-Mohareb.

Ketiganya diputuskan bebas setelah menjalani sidang kedua pada Rabu (27/3/2019) lalu, di Pengadilan Pidana Riyadh. Kabar pembebasan tersebut telah dikonfirmasi salah seorang kerabat dekat aktivis, kepada AFP.

Kendati demikian, kondisi pembebasan ketiga perempuan tersebut tidak dijelaskan, sementara pihak pengadilan tidak memberi komentar segera.

Baca juga: Arab Saudi: Dunia Tak Perlu Ikut Menyelidiki Pembunuhan Khashoggi

Meski telah berstatus bebas, menurut pihak keluarga, ketiga perempuan aktivis itu masih diwajibkan untuk hadir di persidangan lanjutan yang akan digelar Rabu pekan depan.

Sementara itu, konfirmasi pembebasan tersebut juga disampaikan kelompok hak asasi manusia, ALQST, yang berbasis di London, dalam twitnya, menambahkan bahwa perempuan aktivis lainnya diharapkan dapat dibebaskan pada Minggu (31/3/2019) mendatang.

Dilansir AFP, sebanyak 11 perempuan menjadi sebagian dari para aktivis yang ditahan otoritas Kerajaan Arab Saudi pada tahun lalu, berkenaan dengan tindakan keras yang dilakukan terhadap pihak-pihak yang dianggap menentang kerajaan.

Para perempuan tersebut diketahui telah lama berkampanye untuk hak mengemudi dan penghapusan sistem perwalian terbatas yang memberi kerabat pria kewenangan terhadap kerabat perempuan mereka.

Sebelumnya diberitakan, para perempuan aktivis tersebut buka suara tentang penyiksaan dan pelecehan yang mereka terima selama proses interogasi dalam persidangan.

Para perempuan aktivis itu menuduh penyidik telah menyetrum, mencambuk, dan meraba-raba tubuh mereka di dalam tahanan. Demikian pernyataan dari dua orang yang memperoleh akses ke persidangan.

Meski demikian, pemerintah Saudi menyangkal telah terjadi penyiksaan atau pelecehan terhadap para perempuan aktivitis.

Baca juga: Perempuan Aktivis Saudi Mengaku Disiksa dan Dilecehkan Penyidik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com