Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Rudal Kendali Laser Senilai Rp 225 Miliar ke Lebanon

Kompas.com - 14/02/2019, 13:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Amerika Serikat dikabarkan telah mengirimkan rudal kendali laser senilai lebih dari 16 juta dollar AS kepada militer Lebanon, pada Rabu (13/2/2019).

Kedutaan besar AS di Beirut mengatakan, dalam sebuah pernyataan, rudal-rudal tersebut dikirim menggunakan pesawat angkut militer.

Rudal-rudal tersebut merupakan komponen persenjataan utama untuk armada pesawat serang A-29 Super Tucano yang telah dikirimkan sebelumnya.

AS telah sejak lama menjadi pemasok persenjataan untuk militer Lebanon dengan memberikan bantuan senilai lebih dari 2,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 32 triliun) sejak 2005.

Baca juga: Militer Lebanon Larang Tentaranya Mainkan Game Online PUBG

Bantuan AS kepada Lebanon menunjukkan komitmen kuat dan tetap dari Washington kepada tentara Lebanon, serta menjadi pendukung dan satu-satunya pembela yang sah dari negara di mana Hezbollah yang didukung Iran memegang kekuasaan.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, dalam kunjungannya ke Lebanon pekan ini, kembali menawarkan dukungan negaranya kepada tentara Lebanon, namun mengatakan bahwa Beirut harus lebih dulu menunjukkan keinginan untuk menerimanya.

Pemimpin Hezbollah, Hassan Nasrallah mengatakan pada pekan lalu, bahwa pihaknya siap untuk mengamankan sistem pertahanan udara untuk tentara Lebanon dari Iran dan melakukan segala yang dibutuhkan untuk menjadikannya tentara terkuat di kawasan itu.

Nasrallah juga mempertanyakan sikap pemerintah Lebanon yang selalu mengabaikan "tawaran" Iran, sementara "menawarkan leher kami kepada pihak lain," ujarnya yang mengacu pada pihak AS, yang telah kembali memperketat sanksi kepada Hezbollah.

Peran langsung Hezbollah dalam pemerintahan Lebanon beberapa waktu terakhir telah berkembang, dengan kabinet baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Saad al-Hariri.

Dalam kabinet baru itu, Hezbollah memegang tiga jabatan menteri, termasuk kementerian kesehatan yang memiliki anggaran besar.

Baca juga: Kelompok Aktivis Lingkungan Lebanon Tenggelamkan 10 Tank ke Laut Mediterania

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com