Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Lebanon: Mesir Salah Satu Tempat Paling Kotor di Dunia

Kompas.com - 06/11/2018, 20:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Seorang pejabat Lebanon menyebut Mesir sebagai salah satu tempat paling kotor di dunia dengan penduduknya seperti tinggal di kuburan.

Avedis Guidanian, yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas menteri pariwisata, membuat pernyataan itu dalam wawancara dengan surat kabar lokal Daily Star pada Senin (5/11/2018).

Melansir dari The New Arab, komentar itu disampaikan Guidanian yang menanggapi persoalan industri pariwisata di Lebanon yang semakin merosot.

Dia juga menyebut pemberitaan negatif di media turut berperan dalam membawa industri pariwisata negara itu kian terpuruk.

"Kita banyak melihat di media yang mengatakan Lebanon tertutup sampah, bahwa lautnya tercemar, atau bahwa itu adalah destinasi wisata paling mahal di dunia. Baiklah, Anda telah merusak citra Lebanon," kata Guidanian.

Baca juga: Gadis 14 Tahun Asal Mesir Pecahkan Rekor Dunia Menyelam Lebih dari 55 Jam

Dia pun kemudian membandingkan negaranya dengan Mesir yang menurutnya lebih buruk dan merupakan salah satu tempat paling jorok di dunia.

"Maksud saya, coba Anda lihat Mesir, apakah ada tempat yang lebih kotor dari itu? Pendudukanya lebih ramai dari kami, lalu lintasnya lebih macet daripada di sini, orang-orang seperti tinggal di kuburan."

"Walau demikian di sana ada pariwisata. Itu karena mereka tahu bagaimana cara menjual negara itu," kata Guidanian.

Guidanian mengatakan pemberitaan media tentang krisis sampah dan polusi di Lebanon telah menodai citra negara itu di luar negeri.

"Kita memiliki kebebasan pers, yang mana itu sangat penting, tetapi hal itu telah digunakan dengan cara yang salah," ujarnya.

Lebanon saat ini tengah berupaya untuk membangkitkan kembali industri pariwisatanya yang mulai terpuruk sejak 2011 setelah adanya kekhawatiran akan terkena dampak konflik di negara tetangganya, Suriah.

Guidanian menyebut sektor pariwisata saat ini menyumbang hingga 10 persen dari total pendapatan Lebanon dengan 1,8 juta wisatawan datang ke negara itu pada 2017.

Jumlah itu menurun drastis dibandingkan 2,1 juta wisatawan yang datang pada 2010, menurut data dari Kementerian Pariwisata.

Baca juga: Untuk Kali Pertama Perempuan Kristen Menjadi Gubernur di Mesir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com