Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Lebanon Larang Tentaranya Mainkan "Game Online" PUBG

Kompas.com - 09/01/2019, 14:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

BEIRUT, KOMPAS.com - Militer Lebanon dikabarkan telah menerbitkan surat keputusan yang melarang tentaranya untuk memainkan game online berjudul PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).

Memo internal yang diterbitkan Pemimpin Tentara Lebanon, resimen artileri pertama, itu telah ditandatangani oleh Komandan Angkatan Darat Jenderal Joseph Aoun, pada 4 Januari lalu.

Alasan yang diberikan untuk larangan mengunduh dan memainkan permainan aplikasi ponsel itu lantaran, kekhawatiran tentara Lebanon akan tersambung dan bermain serta berkomunikasi dengan pemain dari berbagai negara, termasuk musuh Zionis.

Tidak hanya game PUBG, larangan tersebut juga berlaku untuk semua permainan online sejenis, yang memungkinkan pemain untuk bertemu dengan pengguna dari berbagai negara dan saling bertanding bersama.

Baca juga: 13 Juta Akun PUBG Diblokir karena Gunakan Cheat

Media lokal Lebanon telah memuat memo tersebut dan menekankan pada bagian "seseorang dapat memilih untuk bermain secara individu atau dalam tim berisi empat pemain, di mana pemain dapat memilih anggota tim dari teman-temannya atau akan dipilih secara acak dan memungkinkan dalam tim terdiri dari orang-orang dari berbagai negara di dunia, termasuk musuh Zionis".

Dalam memo juga disebutkan, alasan pelarangan tentara memainkan game online tersebut, maupun yang sejenisnya, adalah lantaran selama permainan, sesama anggota tim dapat saling berkomunikasi melalui pesan teks maupun suara.

Personil militer Lebanon yang telah menerima memo tersebut diminta untuk turut mengedarkan pesan agar tidak mengunduh permainan sejenis dan menegaskan bahwa personil yang melanggar akan dikenai sanksi tindakan disipliner yang ketat.

Permainan aplikasi ponsel PUBG telah menjadi salah satu permainan paling populer di dunia saat ini. Sejak pertama kali dirilis pada Maret 2017, game online ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali hanya dalam kurun waktu empat bulan.

Bahkan dalam pekan pertama sejak peluncurannya, game ini telah menjadi aplikasi permainan paling banyak diunduh di hampir 100 negara dengan jumlah pengguna harian mencapai hampir 14 juta orang.

Baca juga: Pemain PUBG Ditangkap Gara-gara Pakai Cheat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com